Fatih Development of Teachning Proficiency (FDTP) Hari Pertama


Mengawali tahun 2020 dengan mengikuti program FDTP, dengan tema peningkatan kualitas pendidkan itu sendiri. Bagaimana seorang guru yang menjadi peran utama dilapangan dalam memberikan kontribusi peningkatan dalam ruang lingkup pekerjaan sehari-hari. Pastinya, banyak pertayaan yang muncul ketika kita bertanya “apa yang saya lakukan?” yang kapasitas hanyalah satu juta variabel yang dapat meembangun komunitas besar dunia pendidikan di Indonesia, karena dengan ada program FDTP akan muncul efek positif untuk perubahan pendidikan khususnya yang ada di Wilayah Aceh.
            Fatih Development of Teachning Proficiency (FDTP) adalah program pengembangan kinerja mengajar untuk para guru, pemimpin sekolah, mahasiswa, akademisi, pengamat pendidikan se- Provinsi Aceh yang diselenggarakan oleh Fatih Bilingual School bekerja sama dengan Teuku Nyak Arief Fatih Bingual School dan Dinas Pendidikan Aceh. Prigram FDTP ini adalah program yang akan meningkatkan kualitas dan pintu gernamg bagi pendidikan yang berkelas. Peningkatan profesionalisme para guru dan manajemen sekolah secara berkelanjutan meruapak syarat utama demi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Program FDTP hadir sebagai salah satu alternatif program dimana praktisi pendidikan dapat hadir, berinteraksi dan saling berbagi best practices.
            Program ini akan diisi oleh beberapa Keynote Speakers yang nantinya dengan keahlian masing-masing dan tema menurut kemampuannya, nah, dihari pertama ini dengan materi keseluruhannya diisi oleh ibu Dianindah Apriyani beliau adalah seorang Senior Country Manager, Indonesia, Cambridge Assessment Internasional Education dengan materi Looking Beackward, Moving Forword. Materi yang ibu Dian sampaikan luar biasa, beliau menjelaskan bagaimana kita membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Ibu dian lebih tertarik menjelaskan tentang refleksi yang ada didalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut, dikarenakan refleksi itu meruapak langkah akhir didalam proses pembelajaran yang mengandung arti untuk mengetahui bagaimana penyerapan materi dan siswa dan guru ketika proses pembelajarn berlangsung. Refleksi juga mem pnyai banyak keuntungan yaitu mampun mengajar peserta didik lebih dalam lagi terhadap kemampuan dan memecahkan masalah yang terjadi disuatu ruang kelas. Dilanjutkan juga refleksi tersebut adalah cermin yang kita punya ketika melakukan sesuatu, ketika kita bicara dari ide dan pengalaman yang baru. Refeksi itu sendiri ada 2 macam yaitu refleksi yang sedang terjadi dan setelah itu terjadi.
            Setelah ini dilanjutkan dengan Breakout Sessions, maka saya juga memilih dengan ibu Dianindah Apriyani dengan materi Shool Self-Evalution. Evaluasi diri sekolah yang baik dan efektif akan membantu mengevaluasi performa sekolah dan mengidentifikasi kelebihan sekolah sekaligus area yang bisa dibuat lebih efektif. Hal ini mendorong anda menggunakan bukti dan data untuk membuat keputusan terbaik mengenai praktik di sekolah yang perlu diperbaiki. Serta dibahas bagiaman mengembang evaluasi sekolah berdasarkan standar Cambridge Internasional untuk mendifinisikan kriteri sekolah yang efektif.
            Ibu Dianindah menjelaskan tahapan apa saja yang harus kita lakukan ketikan melakukan evaluasi pada suatu sembagai pendidikan, pertama (What) sekolah sendiri yang akan berbicara, kedua (When) sekolah akan kita evaluasi setiap saat, Ketiga (Where) dimulai dari ruang kelas dan lanjutkan bagaimana ruang kelas tersebut berbicara, Keempat (Why) untuk arah yang lebih bbaik dan kualitas lebih baik didalam satu sekolah, Kelima (Who) sekolah akan mendesain keinginan sekolah itu sendiri, kualitas terhadap pembelajaran, sharing terhadap orang tua bagaimana pembelajaran yang akan berlangsung yang ada disekolah. Kemudian dilanjutkan dengan sekolah yang efektif adalah sekolah yang berhasil melakukan pembelajaran terhadap siswa dari latar belakang yang berbeda, kemampuan akademisi, kemajuan dengan kemampuan masing-masing, dikarenakan anak disekolah tidak otomatis belajar.
            Keynote Speakers  Breakout Sessions kedua dihari pertama saya pilih Bapak Manda Edy Mulyono dengan materi Mengajar di abad 21, kegiatan mengajar pada abad ke 21 bertitik tempuh pada 4C  skills: collaboration, communication, critical thinking anda creativity. Pada sesi dijelaskan bagiamana mengulas G Suite for Education dan aplikasi Google yang akan meningkatkan performa pada guru dikelas. Serta mendapatkan aplikasi dan pengalaman yang seru ketika diruangan tes tersebut, diberikan beberapa aplikasi dan bagaimana mana cara menggunakan aplikasi tersebut didalam kegiatan belajar mengajar yang lebih seru dengan peserta didik.
            Keynote Speakers  Breakout Sessions ketiga dihari pertama saya pilih bapak Gulbuddin Hikmatyar Al-Akbar dengan materi Efektifitas Google Clasroom dalam Blended Learning. Leaning Management System (LSM), seperti Google Classroom, memudahkan pelajar dan wali pelajar serta guru dalam aplikasi ini, untuk bersama-sama menjalankan proses pendidikan secara lebih terbuka, terarah, terstruktur. Namun jika dipahami atau digunakan dengan baik, dapat membawa dampak sebaliknya yang semua elemen yang terlibat. Maka dari itu, perlu mengenal fitur-fitur serta hal positif dan negatife yabg dapat muncul dari LSM yang sering digunakan oleh pendidik, untuk kemudian dipraktek didalam kegiatan belajar mengajar disekolah masing-masing.
            Mengenal Google Classroom lebih mudah pengajar untuk mengevaluasi siswa dimanapun berada dengan menggunakan internet dan peserta didik lebih enjaoy didalam menjawab semua evalusi yang diberi waktu tertentu, nah kekurangan dari Google Classroom sendiri adalah siswa mudah menyontek ketika evaluasi sedang berlangsung.
            Inilah ilmu yang saya dapatkan hari ini diacara Fatih Development of Teachning Proficiency (FDTP) di hari pertama dan juga banyak mengenal kawan-kawan baru walaupun banyak kawan yang sudah saya kenal, insyaAllah silahturrhami didlam menuntut ilmu Allah akan meridhoi setiap langkah kami yang pemburu ilmu ini. Selamat menunggu FDTP dihari kedua. Terima kasih
           

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (SIKLUS MENTRUASI WANITA)

Cerita Pribadi (Fiksi)

SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (PEMBELAHAN SEL)